Sabtu, 11 Desember 2010

ASAL MULA TIMBULNYA PERBEDAAN TIMUR DAN BARAT

Pada dasarnya kehidupan manusia tidak akan pernah lepas dari masalah perbedaan, baik itu perbedaan budaya, agama, suku, bangsa, pemikiran, pendapat, dan masih banyak lagi perbedaan yang lainnya. Ruang lingkup perbedaan tidak hanya mencakup kawasan yang luas seperti negara, daerah, desa, dan lain-lain tapi mencakup juga kawasan yang kecil seperti keluarga bahkan pada setiap diri manusia.Dari sinilah awal sikap manusia timbul, perbedaan yang terdapat dalam diri manusia terletak pada dua pemikiran yang saling berlawanan sehingga timbul penilaian dari manusia lain berupa baik dan buruk. Ketika manusia lebih memilih pola pikiran yang bersifat baik maka pilihan ini akan sangat bermanfaat baginya selain dapat mententramkan dirinya hal ini juga sangat bermanfaat bagi orang lain karena sikap baik yang dihadirkan oleh seseorang akan sangat menyenangkan bagi orang lain disekitarnya, lain halnya bila seorang manusia lebih memilih pola pikiran yang bersifat buruk maka selain akan sangat merugikan bagi dirinya hal ini juga sangat merugikan bagi orang lain disekitarnya.
            Di beberapa kawasan tertentu pengambilan keputusan terhadap perbedaan yang ada dalam diri seseorang sangat di pengaruhi oleh faktor dari luar seperti contoh orang-orang muslim atau disebut juga orang timur karena kebanyakan umat muslim tinggal disana, mereka tidak bisa mengambil keputusan secara langsung tanpa memikirkan hal-hal yang berhubungan dengan keputusan yang mereka ambil, karena orang-orang muslim terikat oleh peraturan yang dibentuk oleh Allah Swt dalam kitab al-Quran. Di jelaskan disana bagaimana dampak atau akibat dari kesalahan atau ketepatan dalam mengambil keputusan maksudnya jika seseorang berbuat benar maka dia akan mendapat penghargaan berupa pahala dari Allah Swt sedangkan jika dia berbuat kesalahan maka dia akan mendapat hukuman berupa siksa. Lain halnya dengan orang non-muslim atau orang barat, kebanyakan dari mereka melakukan apa yang mereka mau tanpa memikirkan dampak bagi orang lain, mereka hanya memikirkan dirinya sendiri asalkan keinginan mereka tercapai, orang non-muslim tidak terlalu terikat dengan peraturan karena meskipun ada peraturan hal itu tidak bersifat kekal disebabkan buatan tangan dan pemikiran manusia, lain halnya dengan orang muslim yang menggunakan peraturan yang bersifat kekal dan tidak bisa berubah-ubah.
Dari perbedaan inilah timbul perbedaan dalam corak atau budaya, dimana orang timur lebih memilih kehidupan yang memang berhubungan dengan nilai-nilai keagamaan, dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam setiap aspek kehidupan yang mereka jalani dengan menggunakan istilah yang sering kita dengar yaitu “syar’i” atau syariat islam. Sedangkan orang barat cenderung bersikap bebas dan biasanya lebih mementingkan diri sendiri dari pada orang, terkadang merka bersikap menghalalkan segala cara agar keinginan yang mereka harapkan dapat terpenuhi tidak perduli meskipun ada orang lain yang dirugikan, istilah yang biasa digunakan untuk menggambarkan hal ini adalah “liberal”. Tapi perlu diketahui juga bahwatidak semua orang barat memiliki sikap seperti demikian karena dibarat juga ada agama yang mengaturnya, hanya agama tersebut tidak sesempurna agama Islam.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar